Visi Dan Misi SMK N 8 Purworejo

A.   VISI

Guna menunjang Visi Pendidikan Nasional yaitu terwujudnya masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berakhlak, berkeahlian, berdaya saing, maju dan sejahtera dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang didukung oleh manusia Indonesia yang sehat, mandiri, beriman, bertakwa, berakhlak mulia, cinta tanah air, berdasarkan hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki etos kerja yang tinggi serta berdisiplin, maka SMA Negeri 1 Prembun menetapkan Visi Sekolah yaitu Pendidikan Berkualitas, Membangun Jatidiri Bangsa, Mewujudkan prestasi UNGGUL dalam IMTAQ dan IPTEK.
Indikator Visi Sekolah :
  1. Pendidikan Berkualitas adalah penyelenggaraan pendidikan yang mengutamakan kualitas proses dalam arti penyajian kurikulum dan pelaksanaan kurikulum untuk dapat diselenggarakan secara optimal sehingga pelayanan pada peserta didik juga dapt dilaksanakan secara optimal serta proses di dalam sistem penyelenggaraan pendidikan dapat efektif agar memeperoleh out put kualitas yang baik. Muara dari penyelenggaraan tersebut adalah diharapkan diperoleh hasil output kualitas hasil belajar siswa yang meningkat.
  2. Jati diri Bangsa. Membangun jati diri bangsa yang dimaksud dalam hal ini adalah membangun kepribadian warga sekolah untuk mengidentifikasikan diri dalam jati diri bangsa. Di era globalisasi sekarang ini masih diperlukan semangat jati diri untuk mewujudkan warga sekolah khususnya siswa menjadi warga negara yang baik, mengembangkan rasa cinta tanah air bangga terhadap bangsa dan negara sendiri dan peduli untuk terjun langsung dalam bentuk berbagai kegiatan untuk mewujudkan kepedulian , pemeliharaan dan cinta tanah air serta lingkungan dimana siswa berada. Program ini diaplikasukan dalam berbagai kegiatan yang terintegrasi di dalam intrakurikuler pada mata pelajaran maupun secara ekstrakurikuler pada berbagai jenis ekstra serta kegiatan adiwiyata, wiyata mandala.
  3. Mewujudkan prestasi unggul,  unggul dalam berbagai lomba karya ilmiah remaja, unggul dalam kegiatan Keagamaan dengan upaya untuk peningkatan kadar IMTAQ siswa, unggul dalam prestasi kesenian, unggul dalam Prestasi Olah raga, selalu berupaya untuk meningkatkan kadar kepercayaan masyarakat terhadap Eksistensi dan dinamika sekolah, senantiasa berupaya mengikuti perkembangan teknologi dan mencoba menerapkannya dalam proses belajar mengajar, unggul dalam penguasaan bahasa Inggris
Kriteria Unggul :
Kriteria unggul dalam konteks parameter ini adalah prestasi yang cukup menonjol dibanding sekolah lain yang sejenis dan berada di lingkungan sekitar.
B.    MISI
  1. Menyelenggarakan Pembelajaran secara profesional, efektif, efisien, berdasarkan kurikulum yang berlaku.
  2. Meningkatkan kualitas pelayanan dan sarana belajar yang memadai, mengikuti perkembangan Iptek.
  3. Meningkatkan kualitas keimanan, ketakwaan dan pembinaan akhlak mulia yang terintegrasi dalam semua aktifitas.
  4. Menanamkan dan menerapkan budi pekerti serta nilai-nilai luhur bangsa mewujudkan manusia pembina lingkungan hidup dan cinta tanah air.
  5. Memberikan kesempatan pengembangan potensi bakat dan prestasi peserta didik seoptimal mungkin melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstra kurikuler.
  6. Menciptakan iklim kondusif untuk terlaksananya tugas pokok fungsi komponen sekolah dan menyediakan komunikasi serta koordinasi dengan mitra sekolah demi terlaksananya program sekolah.
C.   STRATEGI
         Untuk mencapai visi, misi tersebut di atas perlu adanya strategi yang perlu ditempuh.
Adapun strategi tersebut adalah :
  1. Pembinaan IMTAQ melalui pemberdayaan tempat ibadah untuk memperdalam agama dan mengamalkannya. Peserta diharapkan keseluruhan siswa telah memfungsikan tempat ibadah dengan baik.
  2. Membentuk kegiatan Klub Bahasa Inggris yang mampu berkomunikasi secara efektif dan intensif.
  3. Lebih menggiatkan siswa untuk mengikuti kegiatan KIR dengan target peserta minimalsiswa mampu melakukan penelitian dasar dan pengembangannya sesuai dengan bidang ilmu pengetahuan pada bidang studi masing-masing dan mampu berprestasi dalam bidang penelitian
  4.  Menerbitkan buletin sekolah .
  5. Melaksanakan kegiatan Pengembangan diri (Ekstra Kurikuler) seperti : Basket Ball, voley ball, Sepak bola, Pramuka, PMR, Rohis, KIR, Mading, Jurnalistik, Kesenian, MC, dsb. Dengan harapan mampu menyalurkan bakat/minat siswa dan meningkatkan kepercayaan diri siswa.
  6. Melaksanakan kegiatan eksrakurikuler PKLH yang terintegrasi dalam ekstra wajib PMR dan Pramuka.
  7. Melaksanakan kegiatan Adiwiyata secara terprogram yang melibatkan semua komponen warga sekolah.
  8. Membentuk Tim Olahraga Volly dan Sepak Bola yang dapat menjadi andalan sekolah minimal 2 klub. Sedangkan jumlah peserta kegiatan ekstra olah raga ditargetkan mencapai 10% dari keseluruhan siswa.
  9. Membentuk Tim Kesenian (seni tari dan musik) yang mampu mengadakan pentas pada setiap even yang diselenggarakan sekolah.
  10. Membentuk Tim Pengembangan Kompetensi Siswa dibawah pimpinan bapak/ibu guru yang handal. Target pelaksanaan untuk mata pelajaran yang sering dilombakan, seperti : Kelompok Mata Pelajaran Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Ekonomi, Geografi/Ilmu Kebumian, Astronomi, Komputer/TIK, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jawa.
D.   TUJUAN
Berdasarkan pada misi sekolah maka tujuan yang hendak dicapai sampai tahun pelajaran 2009/2010 adalah sebagai berikut :
  1. Membentuk peserta didik berbudi pekerti luhur, beriman, bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menyiapkan peserta didik untuk memiliki sikap dan kepribadian yang santun, tertib, disiplin, dan tanggung jawab.
  3. Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang sehat, berkualitas dan berprestasi dalam bidang agama, sains dan teknologi, seni budaya dan olah raga kesehatan.
  4. Membekali peserta didik agar memiliki wawasan yang luas di segala bidang, sehingga mampu bersaing untuk memasuki pendidikan di Perguruan Tinggi.
  5. Membekali peserta didik agar memiliki kemampuan di bidang teknologi, informasi dan komunikasi, kemampuan sosial serta mampu mengembangkan diri sendiri untuk terjun di masyarakat.
E.    SASARAN
Sasaran yang akan dituju pada program kerja sekolah tahun 2009 adalah terpenuhinya program sekolah baik program jangka panjang (tiga tahun) dan program kerja operasional tahun 2009 menuju pada Standar Nasional Pendidikan yang telah ditentukan Pemerintah seperti yang termuat pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005. Program Jangka Panjang yang akan dilaksanakan dalam rangka menuju sekolah rintisan mandiri yaitu sekolah yang telah memenuhi atau menuju Standar Nasional Pendidikan meliputi : Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik, dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan serta Standar Penilaian.
         Program Kerja sekolah jangka panjang SMA Negeri 1 Prembun adalah sebagai
  1. Meningkatkan mutu sekolah untuk menjadi sekolah yang memenuhi Standar Isi Standar Kompetensi Lulusan (SKL).
  2. Meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran dan guru bimbingan konseling dalam penyusunan dan pelaksanaan program untuk menuju standar proses.
  3. Meningkatkan kemampuan guru mata pelajaran , guru bimbingan konseling dan karyawan Tata Usaha dalam penyusunan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  4. Peningkatan kemampuan guru dan karyawan Tata Usaha dalam pengelolaan administrasi sekolah.
  5. Penggadaan buku-buku referensi guru guna pemenuhan standar sarana.
  6. Pengadaan perangkat keras dan perangkat lunak komputer guna pengembangan / peningkatan kualitas pelayanan administrasi sekolah dan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  7. Peningkatan kualitas koordinasi baik koordinasi internal maupun koordinasi eksternal.

  © Tim Website SMK N 8 Purworejo Design And Layout by -istiqlal 2010

Back to TOP